Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi Windows di Linux Mint 19 "Tara"

Hallo Gaess,

Saya mau sedikit curhat nih :D
Di laptop saya terinstall OS Linux Mint 19 "Tara" dan sudah terinstall beberapa aplikasi untuk OS Windows, di mana saya menginstallnya menggunakan wine ataupun playonlinux. Sekilas info tentang wine ataupun playonlinux, kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi yang memungkinkan kita melakukan instalasi aplikasi windows di OS Linux.

Nah, selama ini aplikasi windows yang saya install di Linux menggunakan wine tidak pernah saya uninstall. Tapi kalo aplikasi yang diinstall dari playonlinux saya beberapa kali melakukan uninstall.

Untuk aplikasi yang diinstall melalui wine tidak bisa diuninstall dari playonlinux. Karena melihat penyimpanan data di hard disk sudah hampir penuh saya pun ingin menguninstall beberapa aplikasi, termasuk aplikasi windows yang diinstall dengan wine. Memang, saat ketika kita klik start(pakai istilah windows) dan mengarahkan mouse atau pointer ke icon wine tersedia bagian uninstall untuk tiap aplikasi tapi sayangnya tidak semua aplikasi tersedia bagian uninstallnya, dan akhirnya googling dilakukan.

Sempat saya mendapati beberapa perbedaan cara uninstall aplikasi di wine untuk linux mint di versi sebelumnya. Tapi cerita ini tetap happy ending kok..hehehe :D

Akhirnya saya pun tahu caranya, sangat mudah teman-teman yaitu silahkan klik icon di sudut kiri bawah (start untuk istilah di di windows) lalu masukan kata uninstall di kotak pencarian maka akan muncul beberapa hasil di situ, silahkan Anda pilih "uninstaller" dan akan muncul window untuk melakukan uninstall. Silahkan pilih aplikasi yang ingin dihapus atau diuninstall.
 


Sekian curhat kali ini. Semoga Anda terbantu :D

0 Response to "Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi Windows di Linux Mint 19 "Tara""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel